look that flower

look that flower

Jumat, 04 Januari 2013

They were so cute :3 (The Child)


Bicara tentang KKN maka tak lepas dari yang namanya mengajar anak-anak di desa. Sebenarnya aku ini termasuk orang yang susah bergaul apalagi dengan yang namanya anak kecil. Kadang pemikiran mereka yang ga bisa dimenegrti. Awal di KKN ini pun seperti itu. Beberapa hari di rumah Pak Kades pun tak membuatku bisa menghapal nama putra dan putri bapak.. Paraaahhh. Kenapa ya? Ya karena aku ga bisa dekat dengan mereka.

Tapi cerita menjadi lain ketika aku mulai mengajar di SD. Nama SD nya adalah SD Negeri 18 Kabawo. Sebenarnya aneh ketika suatu instansi secara administrative terdaftar di Kecamatan Kontukowuna tapi pembiayaan operasional terdaftar di Kecamatan Kabangka tapi namanya masih tetap Kabawo. Pak Kepala Sekolah, Pak La Riala, pun menceritakannya dan otakku tak sampai untuk mengerti hal-hal seperti itu -___-
Nah kebetulan hari pertama ngajar itu adalah hari Senin. Pas banget nih pas ada upacara bendera. Aku dan Kormasit, Afnan datang tepat ketika upacara dimulai. Bayangpun guru yang datang ya Cuma Pak La Riala itu selaku kepala sekolah dan Pembina upacara. Tak ada guru lain.. hedeh apa-apaan ini.
Dan hari ini menjadi hari pertamaku ikut upacara ssetelah terakhir upacara di SMA. Lama banget kalo dipikir-pikir. Aku dan Afnan berdiri di belakang murid kelas 1. Nah dari pertama udah ada anak kelas 1 yang mencuri perhatianku. Anaknya lucu tapi hiperaktif banget. Upacara aja dia selalu menengok ke belakang dan ngobrol sama temennya. Sebelum upacara pun aku sempat bertemu dengan dia ketika mengurus ijin ke sekolah. Pertama aku ga perhatiin sih, sambil lalu aja.

pertama kalinya menginjakkan kaki di SD 18. masih ada pembatasnya biar sapi-sapi ga bisa masuk :D

Kebetulan aku dapet jatah ngajar di kelas 5. Muridnya cuma ada 13 orang. Hari itu pun tidak semuanya datang. Kadang di sekolah desa seperti ini ketidakhadiran siswa atau guru dengan alasan ke pasar atau ziarah makam banyak dimaklumi. Pertama saya langsung hafal dengan murid yang bernama Laode dan Karim karena mereka berdua murid cowo paling aktif. Untuk murid ceweknya Asma dan Virna karena mereka yang tadi pagi pas upacara jadi pengibar bendera. Murid-murid lain seperti Ino, Nini, Keke, Nurmei butuh waktu lama agar aku bisa ingat nama mereka. Ini aja belum semua aku sebutin, abisnya lupa-lupa.

Menyenangkan ketika mengajar anak-anak yang notabene sama sekali belum kenal dan belum akrab tapi mereka antusias menerima pelajaran. Sedihnya ketika apa yang kita sampaikan mereka bilang tidak pernah dengar soal itu padahal itu merupakan pengetahuan dasar yang seharusnya mereka miliki. Bahkan pas jaman aku SD dulu pun sudah tau tentang itu, tapi di jaman sekarang yang semua sudah maju dan tentunya kurikulum SD sudah melejit tak karuan dimana SD di kota kelas 2 SD pun sudah diajarin komputer dan kelas 3 sudah diajarin sistem pemerintahan, disini semuanya masih tertinggal. Bukankah mereka berhak mendapatkan pengetahuan yang sama?? Pikiranku langsung melayang ke jaman ketika aku menghadapi ujian akhir nasional SMP dan SMA yang menurutku sangat mudah, padahal aku sudah mempersiapkan dengan latihan soal yang jauh lebih sulit dari soal yang akhirnya keluar di ujian. Saat itu aku berpikir “yaelah nih soal becanda kali ya”. Ternyata ada alasan kenapa soal yang dibuat itu mudah ya mungkin salah satunya karena ini. Kurikulum di sekolah terpencil ga bisa dibandingkan dengan kurikulum sekolah di kota.

Kembali lagi ke cerita anak-anak KKN. Selain mengajar di SD, aku juga ikut bantu temenku Tyas ngajar di sore hari buat tambahan bahasa inggris, kesenian dan komputer. Sementara Tyas ngajarin anak-anaknya, aku meriksa gigi anak-anak yang dateng saat itu. Diliat berapa banyak yang berlubang, gimana karang gigi dan plaknya. Pertama mereka takut, karena mereka pikir aku bakal cabut gigi atau suntik gigi mereka. Tapi setelah aku jelasin akhirnya beberapa ada yang mau diperiksa. Yang pertama kali berani diperiksa giginya itu Sanggolo. Dia duduk di kelass 4. Nah anak ini aneh. Anehnya kenapa?karena nama sebenarnya bukan itu, tapi trus entah darimana datangnya nama itu, teman-temannya pun memanggilnya Sanggolo. Mungkin dia dapat dari nama tokoh silat di film local kali.hahaha

Ada juga anak kelas 4 yang mencuri perhatian kami. Namanya Laode Adi. Kenapa? Karena pas ada pengobatan gratis dan tes golongan darah, dia itu pingsan dan sontak timku dan para dokter perawat dibikin panik olehnya. Semua orang mengira dia pingsan karena habis dicabut gigi susunya yang udah tumbuh gigi permanennya eh ternyata bukan gara-gara itu. Ternyata gara-gara dia takut darah. Abis dicabut giginya dia ikut tes golongan darah. Nah gara-gara ga kuat liat darah, pingsan lah dia.. Untung dokternya sigap.
jagoan kelas yang takut darah hahaha

Selama disana aku mencoba belajar bahasa Muna yang menurutku susah dipelajari. Nini namanya, dia yang mengajariku banyak istilah bahasa Muna. Pasti seusai belajar sore hari, dia mengajariku istilah-istilah baru sambil berjalan pulang ke rumah dan membawakan tasku yang berisi alat-akat untuk periksa gigi. Dia selalu bersemangat dan selalu bertanya “Mau belajar bahasa Muna lagi kak?”
nini dan mei... cantik ya :3

Nah kalo di kelas 5 sendiri favoritku namanya Abdul Karim, panggilannya Karim. Diantara teman-temannya dia yang paling lucu. Matanya besar dan pipinya tembem. Nah dia ini anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya Karman sudah SMP dan adiknya Sahur masih duduk di kelas 1 (yang aku bilang anak hiperaktif waktu upacara itu lho :3 ). Ketiga bersaudara itu lucu-lucu dan miriiiipppp semua. Tapi yang paling favorit sih tetep si Karim. Pernah kan di mushola pas buka bersama kami main ABCD lima dasar yang  nyebutin nama hewan atau buah diawali dengan huruf yang muncul dari hitungan jari pemainnya. Trus tau-tau si Karim ini bilang “kaka apa bedanya kakak sama garuda?” Bingung lah aku.. nyerah deh buat jawab. Trus jawabannya apa coba “kalau garuda ada di dadaku kalo kakak ada di hatiku” wakakakakakakak ngakak abis aku.. Kecil-kecil gini si Karim udah bisa ngegombal hahahaha. Gara-gara saking ngefans nya,temen-temenku yang lain juga ikut ngeledekin. Masa aku dibilang pedofil. Tapi gapapa lah asal sama Karim :3

Nah sekarang si Sahur. Dia ini yang paling bungsu dari tiga bersaudara yang lucu dan imut itu. Anaknya hiperaktif banget ga bisa diem. Pertama kali aku tau kalo dia ini adiknya si Karim ya pas buka puasa bersama di mushola. Kebetulan pas itu jatahnya Bu Kades yang bikin takjil jadi semua anak KKN disitu ikut bantuin ibu siap-siap di mushola. Pas udah selese acara makan takjilnya kan banyak piring yang kotor tuh trus sama si Sahur langsung dicuci di keran wudhu. Diambilnya satu-satu trus dibalikin lagi, keluar lagi masuk lagi, begitu seterusnya. Sumpah lucu banget liatnya.. Sampe bajunya basah semua. Trus aku ajakin deh nyuci bareng. Hihihi anak ini lucu banget. Pernah aku bilang “kamu aku culik ke Jawa mau ga Sahur?” dianya cuma cengengas cengenges..
3 bersaudara Karman, Karim, Sahur (dan aku ga ada foto bareng mereka bertiga -____-)

Tiap anak KKN pasti punya jagoan favorit. Kalo aku si Karim nah lain halnya dengan si Daniel. Dia mengidolakan si Iful. Nama aslinya sih Ilham Asraf tapi gatau kenapa bisa dipanggil Iful. Sepertinya anak desa Kafoofoo ini suka mengubah-ubah namanya sendiri. Iful ini anak Kepala Sekolah yang duduk di kelas 4. Kenapa Daniel suka sama ini anak, karena pernah pada suatu pagi dimana guru-guru tidak berangkat ke sekolah trus anak-anak malah main bola sama Afnan dan Daniel. Lama main bola bikin mereka bosan. Akhirnya ada yang mencetuskan gini “gimana kalo kita tendang bolanya kea rah kepala iful yang plontos itu”. Nah Iful ini pake sepeda roda tiga gatau punya siapa trus sambil dikayuh trus celelekan kepalanya diayunkan ke kanan ke kiri sambil bilang “ga kenaaaa ga kenaaaa”. Kalo kata Daniel mukanya marmos abis alias “marake emosi” hahahaha. Belum lagi kejadian dia tidur di pangkuannya Daniel pas ceramah sebelum sholat Tarawih. Dia ini bikin pulau di sarungnya Daniel sampe tembus ke celana hahahahha. Sumpah ngakak banget pas dilaporin ama Daniel >.<

ini dia tersangka nya sang bajak laut atau panggil saja Iful wkwkwkwk
Kakak Iful yang namanya Isal, dia ini favoritnya Tyas di kelas bahasa Inggris karena yang paling pinter dan paling banyak dapet hadiah darinya karena bisa jawab soal yang diberikan. Beda dengan adiknya yang item, Isal ini putih sama sekali ga mirip sama Pak dan Ibu La Riala..hehe
beda kan sama si iful

Karena nama yang pasaran, ada juga anak di desa yang namanya Ayu, lengkapnya sih Ayu Anisa Putri. Dia ini masih duduk di kelas 2 SD. Semua gigi depannya habis mungkin gara-gara suka makan permen trus ga sikat gigi yang bener haha. Pernah pas ngajar di kelas 5 trus ada anak kelas lain liatin dan berisik di pintu, trus salah satu anak kelas 5 nutup pintunya keras-keras alhasil si Ayu kecil ini kena jidatnya, langsung nangis deh. Ga enak juga, akhirnya aku coba hibur dia biar ga nangis lagi. Nah dari kejadian itulah kami jadi deket. Tiap kali ketemu selalu aku bilang “ayok kita kenalan” dan kami pun menjawab bersama-sama “Ayuuuu” hahahaha kocak.
ini duo ayu yang maut abis XD


Ada juga yang cakep dan mereka kembar.. Namanya Izan dan Iksan. Miriiiip banget sampe-sampe ga bisa bedain mana yang Izan mana yang Iksan. Kata temen-temennya sih buka aja leher baju sebelah kanannya. Kalo ada tahi lalatnya berarti itu Izan. Yakali mau buka-buka leher baju anak orang >.<

bingung kan bedain nya ??#$%@@#

Emmm bahas siapa lagi ya.. ohya si Robin. Dia ini punya sepeda paling bagus diantara teman-temannya dan sering aku pinjem sepedanya buat muter-muter di sekitar sekolahan. Pernah mau nyusul Robet sama Afnan di kebon jagung. Tapi baru 50 meteran dari sekolah aku dibilangin anak yang nyusul aku dari belakang pake sepeda juga “awas kak disitu banyak monyet sama babi hutannya” Wah yaudah deh langsung putar haluan. Ngeriiiiii

Wah aku belum cerita tentang Drama Queen ya? Namanya Suna. Dia ini mirip banget sama pemerannya Putri Keong dan Pangeran Katak di Indosiar itu lho. Siapa sih itu namanya aku lupa. Dan dia ini suka lebay dan ngomongnya kayak lagi acting gitu hedeehhh..
suna sama mei..kakak beradik.

Ada Cili juga. Aneh ya namanya.. Kayak cabe hahahaha. Ternyata itu gara-gara pas lahir dia ini kecil banget makanya dinamain Wa Cili. Kadang aku panggil dia vintage little girl. Karena bajunya banyak yang vintage-vintage hahaha.
yang paling kiri : Cili

Sayangnya aku ga terlalu deket sama anak-anaknya Bapak. Rahman karena dia ini cowok lebih deketnya sama Fadly, Titin karena pendiam dan pemalu, dan Iking karena agak nakal menurutku buat anak cewek yang masih kecil.
satu-satunya fotoku bareng itin

Semuanya bikin kangen dan pengen maen kesana lagi :’( Kurasa KKn kemarin ini terlalu cepet 

1 komentar:

  1. Assalamualikum.
    Saya isal kakaknya iful..
    Yang gak mirip sama bapak dan ibu la riala..
    Wkwkwk..
    Apa kabar kak?
    Boleh minta nomor wa nya gak kak?

    BalasHapus