look that flower

look that flower

Minggu, 28 Oktober 2012

KKN the beginning of all


KKN = Kuliah Kerja Nyata dimana aku dan teman-teman diwajibkan melakukan pengabdian masyarakat di suatu daerah dengan berbagai disiplin ilmu yang ada dalam masing-masing kelompok.

Awalnya sih pengen banget banget ke Papua.. dan bergabunglah saya dalam kelompok yang katanya sih mau berangkat ke Sentani, Jayapura. Dengan misi ingin mengulang kesuksesan tim tahun lalu yang surplus sampe puluhan juta, kami mencoba peruntungan kesana lagi meneruskan program dengan daerah binaan yang berbeda. Tapi, apa daya akhirnya aku memutuskan untuk keluar dari tim ini karena satu dan banyak hal.

Nah dimulailah masa-masa kegalauanku dimana pada minggu log in aku baru keluar dari tim Sentani yang artinya saya belum dapat kelompok. Sebenernya sih nyantai aja mau masuk kelompok mana pun pasti lah saya diterima. Secara mana ada yang bakal nolak anak dari klaster kesehatan. Apalagi untuk KKN luar Jawa, sudah pasti jarang anak klaster kesehatan yang mau ikut gabung. Akhirnya aku mencoba ngubungin ketua tim yang mau berangkat ke Rajaampat. Soalnya dulu aku adalah seorang yang idealis. Sekali pengen ke Papua ya gimana caranya harus kesana. Baru diSMS tanya-tanya siangnya e malamnya udah disamperin aja sama ketua trus ngobrol-ngobrol. Sebagai orang yang jujur dan terbuka maka aku bilang kalo aku ini anak keluaran dari tim Sentani. Mungkin karena dianya juga ga enak ntar sama mantan ketuaku dia bilang “ya coba dulu yang Sentani itu jadiin pilihan pertama mu kalo toh emang ga berangkat kamu pilih aja pilihan keduanya tim kami yang Rajaampat. Soalnya aku beneran ga enak, aku kenal ketuamu sih dan udah janjian berangkat naik kapal bareng. Ntar kalo ada yang cebur-ceburan di laut gimana donk?” Hemmm baiklah mungkin emang berat juga aku bisa diterima di kelompok ini. Udah hilang moodku pergi ke Papua L
Sampai H-2 sebelum hari log in terakhir aku masih belum yakin juga mau kemana ini.. Tiba-tiba terlintas pikiran ikutan KKN temenku anak unit selam. Katanya sih mau ke Pulau Muna. Pulau Muna dimana itu? Baru denger, yakin. Gara-gara penasaran akhirnya coba searching-searching di web. Oalah di Sulawesi Tenggara toh.. Yah kenapa harus ke Sulawesi lagi sih, pikirku saat itu. 

Sebenarnya ditawarin juga ke Maratua Kaltim sama si Stones, tapi kok budgetnya banyak, transport bayar sendiri. Nah yang di Pulau Muna ini udah bikin perjanjian sama Pemda sana. Katanya cuma bayar buat uang kas doank. Yaah baiklah akhirnya bergabunglah aku di tim ini. Dan sebagai pendatang pastinya perlu waktu buat beradaptasi sama temen-temen yang udah dari awal berkomitmen di tim ini. Pilihan ini pun mengantarkan pada kisah-kisah luar biasa selanjutnya. Mau tau? Lanjut besok yaa :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar